Website adalah Wajah Instansi di Era Digital

Website adalah Wajah Instansi di Era Digital

Komisioner Komisi Informasi Suharnanik memberikan sosialisasi mengenai keterbukaan informasi publik, Kamis (6/7)

Website atau subdomain Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adalah identitas instansi. “Sebagai wajah organisasi di dalam dunia elektronik, website menjadi representasi dari citra diri organisasi di era digital sekarang ini,” demikianĀ diungkapkan Sekda Sleman Sumadi di Aula Lantai III Sekretariat Daerah Sleman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika drg. Intriati Yudatiningsih pada acara Sosialisasi Pemeringkatan PPID dan Monitoring Pelayanan Informasi Publik, Kamis (6/7). Acara dihadiri seluruh PPID Pembantu pada OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman dan seluruh admin subdomain OPD. Komisioner Komisi Informasi DIY Suharnanik ikut hadir memberikan bimbingan mengenai keterbukaan informasi.

Sebagai salah satu upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pelayanan informasi publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman melakukan monitoring terhadap subdomain Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sampai bulan Mei 2017 hasil monitoring seluruh subdomain OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman menunjukkan hasil sebagai berikut: dari 48 OPD, masih ada 7 subdomain OPD yang belum aktif. Sedangkan dari 41 subdomain aktif, baru 24 subdomain yang telah update. Adapun dari 24 Subdomain yang update, hanya 1 subdomain OPD yang mengupdate lengkap pada menu informasi publik, yaitu Kecamatan Sleman.

Monitoring terhadap pelayanan informasi publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman tidak hanya dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika selaku OPD pengampu, tetapi juga oleh Komisi Informasi Daerah (KID) DIY. Komisi Informasi Daerah (KID) DIY secara rutin setiap tahun menyelenggarakan monitoringĀ  dan evaluasi implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008 pada Badan Publik Negara di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk Pemerintah Kabupaten Sleman.

Untuk tahun 2017 ini, monitoring dan evaluasi oleh KID DIY akan dilaksanakan selama bulan Juli 2017 baik melalui penilaian mandiri oleh perangkat daerah, melalui pemantauan website/subdomain seluruh OPD, dan kunjungan lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *