Tugas Berikutnya: Pemerataan Kualitas Pelayanan Informasi Publik

Tugas Berikutnya: Pemerataan Kualitas Pelayanan Informasi Publik

Setelah dianugerahkan oleh Komisi Informasi Daerah DIY pada akhir Oktober lalu, Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik se-DIY yang diraih oleh 7 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sleman kembali diserahkan kepada PPID di masing-masing OPD. Penyerahan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi, SH di Aula Lt. 3 Sekretariat Daerah Kamis (9/11).

Ketujuh OPD di Sleman yang meraih penghargaan tersebut adalah Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) yang meraih peringkat pertama kategori Badan Publik Kabupaten/Kota, disusul Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) peringkat kedua, dan Dinas Kominfo di peringkat ketiga.

Selain itu, Kabupaten Sleman juga meraih tiga peringkat teratas untuk kategori OPD pemerintah tingkat kecamatan, yaitu Kecamatan Ngemplak, Kecamatan Depok, dan Kecamatan Godean. Untuk kategori Badan Publik BUMD, Bank Sleman pun meraih peringkat pertama mengungguli BUMD kabupaten lain di DIY.

Seusai penyerahan tersebut Sumadi mengatakan Pemkab Sleman masih harus bekerja keras meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik. “Penghargaan ini jangan membuat kita menjadi lupa diri, tapi harus terus berusaha meningkatkan pelayanan keterbukaan informasi publik. Hal lain yang juga penting adalah pemerataan kualitas pelayanan, misalnya untuk kategori kecamatan memang berhasil disapubersih, diraih oleh kecamatan dari Sleman semua akan tetapi kecamatan yang lain nilainya rendah,” harap Sumadi.

Sosialisasi ini dihadiri seluruh kepala OPD. Warsono, Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi KID DIY menyampaikan sosialisasi mengenai Urgensi Keterbukaan Informasi Publik.

Pada kesempatan yang sama, PPID kabupaten Sleman drg. Intriati Yudatiningsih menyampaikan monitoring dan evaluasi terhadap PPID Pembantu/Pelaksana yang ada di setiap OPD. Intriati berharap setiap kepala OPD yang hadir dapat meneruskan hasil evaluasi dan membina bawahannya di instansi masing-masing untuk memperbaiki kualitas pelayanan informasi publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *