KID DIY Terapkan Uji Akses dan Sidang Paparan ke Badan Publik

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sleman kembali menjadi nominator sebagai badan publik yang menerapkan standar pelayanan informasi publik terbaik. Hal ini disampaikan Warsono selaku Wakil Ketua Komisi Informasi Daerah (KID) DIY yang hadir langsung dalam visitasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Badan Publik terkait Keterbukaan Informasi Publik, Senin (10/9/2018) di Dinas Kominfo Sleman.

Warsono mengungkapkan Dinas Kominfo Sleman bersama para nominator lain sedang dalam proses melewati tahapan Monev yang terdiri dari 5 tahap.

“Yang pertama kita menyebarkan questioner, lalu kita melihat websitenya kemudian kita melakukan uji akses, keempat ini visitasi, dan tahap terakhir akan ada sidang paparan atau sidang Monev,” tutur Warsono.

Disampaikan Warsono, meski proses visitasi yang tengah berlangsung hanya merupakan salah satu bagian dari proses Monev namun visitasi menjadi hal yang perlu dilakukan. “Ini dalam rangka kita melakukan kroscek dari apa yang ditampilkan di website dan sebagainya, apakah secara fisik dokumen itu ada atau tidak,” ujar Warsono.

Monev ini menurut Warsono adalah agenda tahunan KID DIY, akan tetapi tahun ini KID DIY menyisipkan dua tahapan baru yakni uji akses dan sidang paparan. “Ini untuk melihat lebih jauh progress report dari masing-masing badan publik, ibaratnya kalau kemarin nilainya 6 sekarang rata-rata sudah 7, intinya mereka sudah berkembang dan yang kita cari adalah yang perkembangannya pesat,” beber Warsono.

Warsono mengatakan proses Monev di Dinas Kominfo Sleman sendiri berlangsung lancar melihat bagaimana petugas sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang diminta oleh KID DIY. “Semoga nanti hasil visitasi ini akan mendukung proses-proses selanjutnya dalam rangka pemeringkatan ini,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*