Penghargaan Tidak Untuk Cepat Berpuas Diri

Dalam evaluasi badan publik yang dilakukan Komisi Informasi Daerah DIY beberapa waktu lalu, Pemerintah kabupaten Sleman tampil dominan dengan meraih 8 penghargaan. Badan Publik di Kabupaten Sleman yang berhasil meraih penghargaan utama adalah BKPP Kab. Sleman sebagai peringkat 1 kategori OPD Kab/Kota dan Kecamatan Depok sebagai peringkat 1 kategori Kecamatan, serta PD BPR Bank Sleman sebagai peringkat pertama kategori BUMD. Adapun DPRD Kabupaten Sleman meraih penghargaan Apresiasi.

Sekretaris Daerah Sleman Sumadi berpesan kepada OPD peraih penghargaan  agar tidak cepat berpuas diri, “Kami harap OPD selalu meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik kepada masyarakat karena ini adalah amanah UU 14 Tahun 2008. Jadi semoga tidak mandek  disini, apalagi ke depannya kita akan mengembangkan layanan informasi publik hingga ke tingkat desa,” terang Sumadi di sela acara Sosialisasi Daftar Informasi Dikecualikan di Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah Sleman, Kamis (25/10).

Komisi Informasi Daerah DIY melakukan evaluasi layanan informasi publik di seluruh Badan Publik yang ada di DIY untuk mengetahui terpenuhinya hak publik dalam mendapatkan layanan informasi publik yang dilakukan Badan Publik,. Sedangkan tujuan dari evaluasi ini untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Badan Publik dalam melaksanakan kewajibannya memberikan informasi Publik kepada setiap warga negara.

Penilaian dilakukan oleh Komisi Informasi DIY bekerjasama dengan Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) dan Universitas Aisiyah Yogyakarta. Indikator penilaian meliputi penyebarkan kuisioner dengan bobot nilai 15%, pencermatan website badan publik 40%, visitasi 20%, uji akses 15%, dan Presentasi oleh badan publik di hadapan tim penilai 10%. Total sebanyak 217 badan Publik yang dinilai oleh Komisi Informasi Daerah DIY.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*