Kecamatan Kalasan Kebut Bentuk PPID Desa

Kecamatan Kalasan akan kebut terbentuknya struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) desa yang ada di wilayahnya. “Diharapkan Desember 2018 ini struktur PPID di semua desa sudah terbentuk. Untuk kegiatannya nanti bisa dimulai awal tahun 2019,” ungkap Ishadi Zayid, Sekretaris Camat Kalasan pada Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik di kantor Kecamatan Kalasan, Senin (27/11).

Selain pelayanan prima, keterbukaan informasi publik juga menjadi hal wajib yang harus dilaksanakan pemerintah desa berdasarkan UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Ini merupakan konsekuensi atas dana desa yang diterima desa selaku badan publik mandiri yang menjalankan otonomi desa. Desa wajib membentuk PPID yang nantinya wajib menyediakan informasi publik kepada pemohon informasi.

Keterbukaan informasi publik yang diterapkan badan publik salah satunya terlihat di website desa. Website menjadi porsi terbesar karena sangat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi publik. Terkait website ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman siap memfasilitasi. Noor Hidayati, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menjamin ini, “Dinas Kominfo akan memfasilitasi pembuatan website desa. Tidak perlu membayar, atau khawatir datanya akan hilang. Semua disimpan di server sendiri dan nantinya akan menggunakan domain slemankab.go.id. Admin di desa nanti hanya tinggal mengisi saja,” terang Noor Hidayati.

Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik di Kalasan ini diikuti perangkat desa di wilayah Kecamatan Kalasan yang terdiri dari Desa Tamanmartani, Selomartani, Tirtomartani, dan Purwomartani. Selain itu juga diikuti anggota PKK dan Karang Tarun di masing-masing desa.

Sebagai narasumber adalah Suharnanik Listiana, Komisioner Komisi Informasi Daerah DIY. Secara khusus Suharnanik menyoroti perkembangan pelayanan keterbukaan informasi publik yang diupayakan Pemerintah Kabupaten Sleman, “Di Sleman ini komitmen pimpinan sangat mendukung dan terlihat sekali. Sejauh ini progresnya bagus, kemarin saya melihat sendiri di Kecamatan Sleman semua desa sudah terbentuk PPID,” ungkap Suharnanik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*