PPID Desa se-Kecamatan Sleman Dikukuhkan

Seluruh desa se-Kecamatan Sleman resmi menerapkan UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan dibentuknya struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing desa. Seluruh desa tersebut adalah Tridadi, Trimulyo, Triharjo, Caturharjo, dan Pandowoharjo. PPID di kelima desa tersebut dikukuhkan oleh Sekretaris Camat Sleman Sumariyah, Rabu (28/11) di Kantor Kecamatan Sleman.

Hazwan Iskandar Jaya, Ketua Komisi Informasi Daerah DIY menyampaikan apresiasinya, “Selamat kepada semua PPID desa se-kecamatan Sleman yang dikukuhkan hari ini. Harapan saya ini nanti bisa berkembang, tidak lagi se-kecamatan Sleman tapi juga se-kabupaten Sleman bisa terbentuk PPID desanya,” harap Hazwan yang menghadiri pengukuhan tersebut.

Kelima desa di Kecamatan Sleman ini bisa disebut sebagai pionir di Kabupaten Sleman dalam hal keterbukaan informasi publik di tingkat desa. Mereka adalah desa-desa pertama di Kabupaten Sleman yang telah membentuk struktur PPID.

Secara garis besar PPID desa ini nantinya akan bertugas melayani permohonan informasi masyarakat, dan membuat pendokumentasian informasi publik. Di era transparansi kini, setiap orang berhak mendapatkan informasi publik sesuai ketentuan dan undang-undang yang berlaku. Desa sebagai badan publik yang juga dibiayai menggunakan anggaran negara pun wajib memberikan informasi publik mengenai penyelenggaraan pemerintahan tingkat desa.

Adapun dari pengukuhan PPID Desa tersebut  diketahui Johan Enri Kurniawan menjabat sebagai PPID Desa Tridadi, selanjutnya Rahayu Lestari (PPID Desa Trimulyo), Aditya Nawanto (PPID Desa Triharjo), dan Bharata Anung Santoso (PPID Desa Pandowoharjo). Kesemua PPID tersebut juga merupakan sekretaris desa di wilayah masing-masing. Dalam tugas pelayanan informasi publik mereka nantinya akan dibantu staf yang bertugas di bagian petugas layanan informasi, dokumentasi, arsip, website desa dan petugas penyelesaian sengketa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*